4 Cara Gunakan Kartu Kredit Bebas Bunga



Kartu kredit memang memudahkan kita dalam setiap transaksi pembayaran. Namun ingat, ada bunga di setiap tagihan yang tidak bisa dibayarkan.

Jangan karena terlena karena kemudahannya, pada akhirnya membuat tagihan Anda membengkak, tidak bisa membayar secara penuh, dan bunga pun menghampiri.

Lalu, bagaimana cara menggunakan kartu kredit yang tepat dan bebas bunga?

1. Membayar = Meminjam
Saat Anda menggunakan kartu kredit, penerbit kartu kredit atau bank sebenarnya memberikan Anda pinjaman sejumlah nilai pembelanjaan Anda. Pastinya, pinjaman itu harus dibayar.

Sebab, banyak orang pada praktiknya menggunakan kartu kredit hingga melebihi kemampuan membayarnya. Kemudian, saat datang tagihan yang besar mereka pun bingung untuk mengatur keuangan untuk membayarnya.
2. Bukan Uang Tambahan
Senada dengan poin sebelumnya, Anda pun harus selalu ingat akan hal ini. Kartu kredit adalah alat bantu pembayaran agar setiap transaksi Anda mudah dilakukan tanpa membawa uang tunai.
Jadi, cobalah untuk tidak menganggap kartu kredit yang Anda miliki adalah sejumlah uang tambahan yang bisa Anda pakai, tanpa adanya tagihan di bulan selanjutnya.
3. Lunasi Sebelum Jatuh Tempo
Tanggal jatuh tempo itu penting dalam sebuah kartu kredit. Mengapa? Karena tanggal tersebut merupakan batas akhir waktu pembayaran yang wajib Anda lakukan bila tidak ingin terkena biaya keterlambatan yang akan dikenakan pada tagihan selanjutnya.
Yang harus dipastikan adalah, selalu lunasi tagihan kartu kredit Anda sesuai jumlah yang tertagih. Sebab, bagian yang tidak terbayar akan mulai dikenakan bunga per bulan yang berlaku pada jatuh tempo setelahnya.
Keterlambatan pembayaran juga dapat mempengaruhi kredibilitas dan bisa mempersulit Anda mendapatkan pinjaman di masa yang akan datang.
4. Manfaatkan Promo dan Cicilan
Demi memanjakan kosumennya, saat ini banyak penawaran promo kartu kredit. Mulai dari potongan harga (diskon), poin rewardcash back, sampai cicilan dengan bunga 0 persen.

Untuk potongan harga, manfaatkan promo tersebut selama harga yang ditawarkan menurut Anda sesuai, menguntungkan, dan terjangkau dengan kemampuan membayar Anda nantinya.

Misalnya promo potongan harga untuk makan sampai dengan 50 persen. Promo itu malah bisa membuat Anda menghemat bila bisa digunakan sesuai dengan porsinya.

Apalagi promo cicilan pembelian sampai dengan 12 bulan dengan bunga 0 persen. Promo itu akan membantu Anda ketika ingin membeli sebuah barang yang cukup tinggi harganya, namun tidak harus Anda bayar dengan tunai secara penuh.

Yang paling menguntungkan, karena 0 persen artinya cicilan yang Anda lakukan adalah bebas bunga. Namun, walau cicilan yang ditawarkan 0 persen, hitung berapa jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulan. Sesuaikan cicilan tersebut dengan kemampuan membayar dan ditambah kewajiban lain yang Anda miliki.

0 komentar

Posting Komentar